GUA MARIA POHSARANG - KEDIRI

Sejarah
Pada kompleks gereja yang lama terdapat miniatur Gua Maria Lourdes yang dikemudian hari oleh karena terlalu kecil bentuknya maka pada tanggal 11 Oktober 1998, dimulailah pembangunan gua Lourdes yang merupakan tiruan atau replika Gua Maria Lourdes yang ada di Perancis.

Dinamakan Gua Maria Lourdes sebab dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis, dalam bentuk yang kecil. Di seputar patung yang kecil dalam gua pertama tertulis tulisan di atas kuningan dengan menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda : Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenenengan Dalem. (Bunda Maria yang terkandung tanpa noda dosa asal, doakanlah aku yang datang berlindung kepadaMu). Gua kecil yang berada di sebelah kanan Gereja ini merupakan sebuah gua yang banyak didatangi oleh bukan hanya umat Katolik untuk berdoa rosario atau novena, melainkan juga oleh umat lain yang bukan Katolik untuk melakukan meditasi dan memohon ujub kepada Tuhan yang Mahapemurah.

Sementara patung Maria yang terdapat di Gua Maria Lourdes Pohsarang (di luar kompleks Gereja lama) merupakan replika atau tiruan dari patung Maria Lourdes, yang terbuat dari semen kemudian dicat berwarna bagian luarnya. Patung itu lebih tinggi dari contoh aslinya yang hanya 1,75 meter, sedangkan patung Maria yang kini tingginya 3,5 meter, bahkan kalau dihitung dari alas kakinya 4 meter.

Patung ini dibuat lebih besar dari contohnya sebab disesuaikan dengan besarnya gua yang tingginya mencapai hampir 18 meter.

Arsitektur gereja
Gereja Puhsarang didirikan atas inisiatif dari Romo Jan Wolters CM dengan bantuan arsitek terkenal waktu itu, Ir. Henricus Maclaine Pont pada tahun 1936. Romo Jan Wolters, CM dikenal sebagai seorang misionaris yang sangat menghormati kebudayaan Jawa dan mencintai orang Jawa dengan segala kekayaan kulturalnya. Gereja Pohsarang adalah emblem inkulturasi yang amat mendahului semangat Gereja pada waktu itu, dimana hampir setiap bangunan Gereja yang didirikan selalu memiliki bentuk seperti yang ada di Eropa. Sementara Insinyur Maclaine Pont adalah arsitek yang juga menangani pembangunan Museum di Trowulan, Mojokerto, yang menyimpan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit.

Bangunan gereja Pohsarang mirip dengan bangunan museum Trowulan yang sudah hancur karena tidak terawat dan ketiadaan dana perawatan pada tahun 1960, maka dengan melihat gereja sekarang kita bisa membayangkan bagaimanakah bentuk museum Trowulan dulu kala.

Pastor Wolters, CM, lah yang meminta agar sedapat mungkin digunakan budaya lokal dalam membangun gereja di stasi Pohsarang, yang merupakan salah satu stasi dari paroki Kediri pada waktu itu. Pastor Jan Wolters CM adalah pecinta orang Jawa dengan kebudayaannya. Sebagai seorang misionaris yang mengajukan "dialog" antara iman dan kebudayaan, Pastor Wolters CM dapat disebut sebagai pionir dalam inkulturasi di Gereja lokal Keuskupan Surabaya.

Kompleks gereja Pohsarang merupakan suatu usaha untuk menampilkan iman kristiani dan tempat ibadat katolik dalam budaya setempat. Banyak orang berpendapat bahwa bangunan yang dibuat di Pohsarang indah dan unik serta merupakan karya monumental yang patut untuk dipelihara dan dijaga agar jangan musnah seperti museum Trowulan.

Gereja Puhsarang yang menampilkan gaya Majapahit tapi dikombinasikan dengan gaya dari daerah lain dan iman kristiani. Yulianto Sumalyo dalam buku yang berjudul `Arsitektur Kolonial Belanda di Indonesia, Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 1993" menulis mengenai gereja Puh Sarang sebagai berikut : "Seperti pada bangunan Trowulan, Tegal dan lain-lain untuk membangun gereja Pohsarang selalu menggunakan bahan-bahan lokal. Maclaine Pont menggunakan juga buruh setempat selain beberapa tukang yang sudah berpengalaman pada saat membangun museum.

Gereja yang sarat dengan simbolisme ini merupakan suatu karya arsitektur yang sangat berhasil dilihat dari berbagai segi: mulai dari lokasi, tata massa, bahan bangunan, struktur dan ten tu saja fungsi dan keindahannya. Semua aspek termasuk budaya setempat dan filsafat agama dipadukan dalam bentuk arsitektur dengan amat selaras"

Objek Wisata Gua Maria Lourdes Puhsarang - Objek wisata rohani Katolik ini sebagai tempat ziarah yang wajib dikunjungi apabila wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur. Lokasi Gua Maria Lourdes ini terletak di desa Pohsarang, kecamatan Semen, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari kota Kediri, membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1 jam 30 menit. Kalau dari Suarabaya, membutuhkan waktu hingga 2 jam, begitu juga yang dari Malang sekitar 2 jam waktu tempuhnya.

Tinggi patung bunda Maria dalam Gua ini setinggi lebih dari 3 meter, dan tinggi tebingnya sendiri lebih dari 10 meter. Gua Maria Lourdes ini merupakan duplikasi Gua Maria Lourdes yang ada di Perancis. Gua Maria ini dikatakan Goa Maria Lourdes karena sebelumnya, di dalam gereja terdapat tiruan Gua Lourdes di Perancis.

Tempat Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri ini sangat unik, mulai dari bangunan hingga penataan taman yang ada di sekitar Gua Maria, tertata begitu rapih dan indah dipandang. Bangunan gereja sebagai tempat umat katolik melaksanakan perayaan ekaristi juga unik, tidak ada dinding tertutup, semuanya terbuka namun hanya dibatasi pagar batu alam yang indah, altar persembahan juga terlihat eksotik dengan kayu asli.

Selain mengunjungi Gua Mariah Lourdes Puhsarang, para pesiarah juga dapat menjalankan ibadah jalan salib, karena dilingkungan Gua Maria Lourdes terdapat stasi jalan salib alam, di sana terdapat 15 stasi mulai dari Yesus dijatuhi hukuman hingga Yesus naik ke surga yang terlihat hanya makam kosong.

Tips Mengunjungi Gua Mariah Puhsarang Kediri
Bagi wisatawan yang mau berkunjung ke Gua Maria Puhsarang Kediri, berikut ini beberapa tips dari blog Objek Wisata ini semoga bermanfaat.
  1. Sebelum memasuki, area atau taman wisata Gua Mariah, parkirlah kendaraan di tempat yang sudah disediakan, biaya parkir roda dua Rp. 3.000. Parkir roda empat, saya sendiri kurang tahu, tapi kemungkinan Rp. 5.000.,
  2. Setelah memarkirkan kendaraan, cobalah memulai memasuki taman di sekitar gereja Santa Maria, anda bisa berfoto-foto di sini. Bahkan bukan hanya orang katolik saja yang bekunjung ke lokasi ini, banyak saudara kita dari muslim juga terlihat berfoto di tempat ini (ketika saya mengunjungi Gua maria Puhsarang 2 hari sebelum Idul Fitri 2013 lalu).
  3. Setelah selesai berfoto ria di taman, lanjutkan perjalanan menuju tempat penjualan oleh-oleh khas Gua Maria Puhsarang. Di tempat ini anda jangan langsung belanja dulu, yang harus anda belanja di sini adalah lilin. Lilin ini nantinya untuk berdoa di Gua Maria maupun jalan salib. Kalau anda hanya berdoa di Gua Maria anda bisa membeli lilin secukupnya, namun bila anda ingin mengikuti jalan salib, anda bisa memperhitungkannya karena ada 15 perhentian (stasi). Setelah melengkapi diri dengan lilin dan kebutuhan doa lainnya barulah memasuki lokasi Gua Maria Lourdes. Di dalam Gua Maria Lourdes, sangat teduh, lelah, capai perjalanan bahkan hilang seketika, smua capek terbayarkan setelah memasuki area Gua.
  4. Di area Gua juga tidak diperkenankan untuk makan makanan, karena tempat ini meski sangat cocok untuk berisirahat, namun tempat ini dikhususkan untuk pesiarah yang berdoa. Ada beberapa bangku panjang disediakan di sini sebagai tempat duduk bagi pendoa. Berdoalah di sini, barulah melanjutkan perjalanan ke area jalan salib alam.
  5. Setelah selesai melakukan siarah ke dalam area Gua Maria dan jalan salib, barulah anda keluar dan memilih oleh-oleh khas Gua Maria Puhsarang sebagai kenang-kenangan untuk anda. Saya yakin anda akan mengunjungi Gua ini kembali setelah mengunjunginya pertama kali.
  6. Objek Wisata Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri.


Semoga info Objek Wisata Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri ini dapat berguna bagi siapapun yang mencari objek wisata rohani di Indonesia, khususnya objek wisata rohani Katolik.

GLORY DUO TOUR 081328113366


Entri Penayangan tour religi umat katholik daerah jogyakarta, wisata rohani yogyakarta, gua maria sendangsono kulon progo regency, indonesia, paket wisata rohani katolik yogya, po.bis wisata rohani daerah solo, wisata religi kristen jawa tengah, wisata rohani katolik di yogyakarta, daftar wisata rohani kristen di klaten, foto lokasi suasana sleman yogyakarta, gambar gua maria di klaten po.bis wisata rohani daerah solo, gua maria sendang sriningsih sleman regency, special region of yogyakarta, indonesia, gua maria kaliori banyumas sub-district, central java, indonesia, gua maria marganingsih jawa tengah, indonesia, gua maria talangsih, gua maria tertua di jawa tengah, jadwal misa di gua jatiningsih yogya, pertapaan girisonta ungaran, situs bersejarah di kaliori jawa tengah, tempat retreat di jogja agrowisata salib putih alamat alamat telephone jasa wisata city tour yogyakarta alamat telpon wisata rohani aman ambarawa angker arsitektur gereja arsitektur jawa awal umat katholik ayam babi bandara bandara adisucipto bantul bapa suci bayat belanja berdoa berdoa di gua maria tritis bersih biarawan biaya biaya paket wisata religi biaya wisata rohani bis wisata boyolali bukit bulan maria bulan maria di gua maria pereng bulan rosario bunda bunda maria cafe cara booking paket wisata cara pemesanan paket wisata rohani city tour citytour jogja daftar gereja di yogyakarta daftar gereja katholik jogja dekat dekat ambarukmo Plaza dekat amplaz devosi doa doa berkelompok doa devosi doa gua maria doa meditasi doa permintaan doa permohonan donomulyo free gamelan ganjuran gereja Gereja Paroki Girisonta gereja tertua di yogyakarta gereja unik peninggalan belanda di yogyakarta goa goa maria klaten goa maria pereng salatiga goa maria sriningsih golgota googlemap gratis griya hening grup gua gua lawangsih gua maria gua maria di semarang gua maria di solo gua maria di surakarta gua maria fatima gua maria indonesia gua maria kaliori gua maria katholik gua maria kendal gua maria kereb gua maria kerep ambarawa gua maria lawangsih gua maria lawangsing gua maria marganingsih gua maria mojosongo solo gua maria pereng gua maria ratu besokor gua maria ratu kenyo gua maria salatiga gua maria sendang purwaningsih gua maria talangsih gua maria tritis gua maria weleri gua maria yogyakarta gua sendang maria lawangsih gua sendang purwaningsih purworejo malang guesthouse gunung gondel gunung kidul gunungkidul harga harga dan biaya harga paket tour rohani hati hostel hostel dekat ambarukmo plaza hostel dekat stadion sleman hotel hotel baru murah yogyakarta jogjakarta hotel di jogjakarta yogyakarta hotel wisata IAIN ibadat iman indonesia jalan jalan menuju gua maria pereng jalan salib jalan salib di gua maria jalur jasa city tour jogjakarta jatiningsih jawa jawa tengah jawa timur jlegong jogja jogja expo centre jogjakarta kabupaten kendal kaliori kamar kampus katholik keindahan gua maria tritis kelayu kelompok kelompok wisata keluarga rohani kemah camping salib putih kematian kepercayaan kerajaan allah keuskupan Khalwat kisah klaten klepu kompleks kompleks salib putih salatiga komunal komunitas kopeng magelang kopi kristen kroncong kudus kulonprogo Latihan Rohani letak lokasi gua maria mawar lokasi gua maria solo lokasi gua maria talangsih semarang losmen makam Girisonta malam jumat pertama malang maria maria dan yesus meditasi membangun gereja menghitung menyenangkan misa mojosongo motel nomor Novisiat Santo Stanislaus Girisonta nuansa jawa nyaman pack paket paket komunitas paket wisata rohani pantai paroki paroki santa maria patung bunda maria patung bunda maria terbesar di dunia patung yesus patung yesus raja paus pemandangan salib putih pemandu jalan salib pemandu wisata pembabtisan tur pemesanan penginapan penginapan dekat penitensi pereng slatiga perjalanan perjalanan wisata rohani semarang pertapaan pertobatan peta pondok retret posisi prambanan prasasti promasan purbowardayan purwokerto purworejo Pusat Spiritualitas Girisonta Puspita rahib rate rate wisata ratu kenyo ratu perdamaian rawaseneng rekor patung maria terbesar rekreasi Retret rohani rombongan Romo rumah retret rute salatiga salib salib putih sandal jepit sapi sejarah kaliori sejarah sendangsono semarang sendang sendang klayu sendang lawangsih sendang purwaningsih sendang ratu kenyo sendang sriningsih sendangsono sengsara seni jawa sewa kamar siwir SJ SJ Sarikat Yesus Girisonta sleman solo souvenir surakarta tebu teh telepon temanggung tempat ziarah tengah ternak tertua trappist tujuan wisata rohani UIN umat umat katholik vanlith watulumbung wisata wisata rohani wisata goa maria klaten sendang sriningsih wisata gua maria kerep ambarawa jawa tengah wisata ke rawaseneng wisata kelompok wisata keluarga religi wisata religi wisata religi kelompok wisata religi semarang wisata rohani boyolali wisata rohani di solo wisata rohani katholik wisata rohani kendal wisata rohani salib putih salatiga wisata yogyakarta wonogiri wonosari yesus yogya yogyakarta ziarah ziarah iman ziarah religi ziarah rohani ziarek gua maria pohsarang, puhsarang, gua maria di kediri jawa timur, gua maria lourdes pohsarang, tiruan gua maria lourdes di indonesia, wisata rohani gua maria lourdes puhsarang, kediri, jawa timur indonesia

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN
via TOKOPEDIA kami