Gua Maria Mojosongo - Solo

SETIAP Kamis malam, segerombol umat, terutama anak muda, berbon­dong-bondong naik sepeda onthel, se­peda motor, bahkan yang berjalan kaki me­nuju suatu tempat di.utara pinggiran kota Solo. Tempat ini kelihatan remang-remang tapi tiap malam Jumat begitu banyak muda mudi datang ke sini. Mereka datang dengan niat baik dan mulia, yakni berziarah dan berdoa di depan Bunda Maria. Tempat yang remang-remang tersebut tak lain adalah Gua Maria Mojosongo Solo. Gua ini masuk wi­layah Paroki Santa Maria Regina Purbowar­dayan, Solo. Tepatnya, 3 km arah utara dari Solo. 

Sebelum menjadi tempat ziarah, tanah yang terletak di daerah Debegan RT 04/V Mojosongo, Solo ini dulunya sudah diguna­kan untuk doa rosario. Mulai 1975, di tanah miring ini mulai dibangun rumah sederhana sebagai tempat beristirahat bilamana hujan. Tahun 1980, Pastor Pusposudarmo Pr mengumpulkan umat Katolik Paroki Purbowardayan dan umat pa­roki lain dalam Misa Kudus dilanjut­\kan dengan pementasan wayang wahyu dengan dalang Nyi Lucia Siti Aminah Subanto di bangunan tersebut.

Dalam khotbahnya, Pastor Puspo mennyampaikan keinginannya membangun tempat ini sebagai tempat ziarah. Ia mengetuk hati para penderma. Lalu dibuatlah panitia pembangunan dan akhirnya Uskup Agung Semarang kala itu, Julius Kardinal Darmaatmadja SJ meresmikan Gua Maria Mojosongo pada 25 Desember 1983.

Setelah pemberkatan, dibangun pagar tembok keliling, rute jalan_salib dll. Sambil menunggu dana masuk, Ketua II Panitia Pembangunan Gua Maria Mojosongo ketika itu, A.Y. Suparno, merencanakan akan membangun joglo permanen di sekitar altar agar umat tidak kehujanan bila berdoa. Akhirnya ada umat yang menyumbang dengan membangun tambahan sayap dan menambah tegel keramik di joglo tersebut setelah doanya terkabul.

Sejak Januari sampai Desember 2000, tiap malam Jumat pukul 21.00 diadakan pe­rayaan Ekaristi di Gua Maria oleh beberapa pastor dari Kevikepan Surakarta secara. ber­gantian. Tradisi para muda mudi dan umat yang datang setiap malam Jumat dilestarikan oleh pastor Vikep Surakarta. Sejak 2001 sampai sekarang secara rutin diadakan Perayaan Ekaristi tiap malam Jumat pertama pu­kul 21.00 WIB.

Banyak umat yang terkabul doanya sete­lah berdoa di tempat ini. Orang beranggapan, tempat ziarah ini penuh misteri. Tapi ada juga yang membantahnya. Yang pasti, Sudah banyak kejadian tak terduga di tempat ini. Sebagai contoh, ketika tim. renovasi Gua Maria Mojosongo akan memasang sebuah salib Yubileum di gua ini. Sudah empat hari lamanya salib itu ditunggu tapi belum datang. Akhirnya, hari Kamis sore, salib itu baru datang.  Tentu saja tukang-tukang tidak bisa memasang saat itu juga. Tim renovasi bersama tukang sepakat akan memasang salib esok paginya. Tidak direncanakan dan tidak disengaja, tukang bersama tim renovasi semua bangun kesiangan. Maka, salib itu baru bisa dipasang pukul 12.00 dan selesai pukul15.00. Setelah selesai, semua baru menyadari bahwa salib dipasang tepat saat Yesus disalib pukul 12.00 dan wafat pukul 15.00.

Begitu pula dengan kejadian ketika akan dilakukan penyemprotan cat untuk gua agar warna gua dengan altar yang baru bisa seragam. Ketika salah seorang tukang akan mengerjakan tugasnya, tangannya menjadi kaku dan tidak dapat digerakkan. Begitu pula dengan yang dialami tukang lainnya. Akhimya penyemprotan dibatalkan.

Kejadian tak terduga juga dialami seorang umat yang pernah bermimpi didatangi dan diberkati Yesus ketika duduk di atas batu dekat altar di gua ini. Dekat batu tempat ia duduk dalam mimpi tersebut ternyata ada sumber airnva. Tim renovasi ingin membor sumber air tersebut, tapi tukang yang ditunggu masih ada pekerjaan di tempat lain. Umat yang tidak sabar menunggu tukang tersebut akhimya nyeletuk pada suaminya, “ Jangan-jangan setelah kenaikan Yesus air ini baru bisa keluar." Ternyata betul. Sehari setelah hari Kenaikan Yesus, tukang itu baru bisa datang. Hari itu juga air di dekat Salib Yubileum bisa keluar dari sumbernya. Sekarang.ternpat itu dijadikan sendang kecil.

[Disadur dari  Majalah Hidup, 9 Februari  2003 (Henny Alit, judul asli: Gua Maria Mojosongo – Tempat Sejuk Dan Asri Di Tengah Kota)]




Data lokasi dan informasi lebih lanjut:
GUA MARIA MOJOSONGO
Alamat: Debegan Rt 04/V, Kel.Mojosongo, Kec.Jebres (jln Brigjen Katamso) Surakarta/Solo.

Koordinat GPS : S7°32'44.8" E110°50'23.4"

GLORYDUO TOUR 081328113366

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store

agrowisata salib putih alamat alamat telephone jasa wisata city tour yogyakarta alamat telpon wisata rohani aman ambarawa angker arsitektur gereja arsitektur jawa asrama van lith awal umat katholik ayam babi bandara bandara adisucipto bantul bapa suci bayat belanja berdoa berdoa di gua maria tritis bersih biarawan biaya biaya paket wisata religi biaya wisata rohani bis wisata boyolali bukit bulan maria bulan maria di gua maria pereng bulan rosario bunda bunda maria cafe cara booking paket wisata cara pemesanan paket wisata rohani city tour citytour jogja daftar gereja di yogyakarta daftar gereja katholik jogja dekat dekat ambarukmo Plaza dekat amplaz devosi doa doa berkelompok doa devosi doa gua maria doa meditasi doa permintaan doa permohonan donomulyo fanatisme sesaat free gamelan ganjuran gereja Gereja Paroki Girisonta gereja tertua di yogyakarta gereja unik peninggalan belanda di yogyakarta goa goa maria klaten goa maria pereng salatiga goa maria sriningsih golgota googlemap gratis griya hening grup gua gua lawangsih gua maria gua maria di kediri jawa timur gua maria di semarang gua maria di solo gua maria di surakarta gua maria fatima gua maria indonesia gua maria kaliori gua maria katholik gua maria kendal gua maria kereb gua maria kerep ambarawa gua maria lawangsih gua maria lawangsing gua maria lourdes pohsarang gua maria marganingsih gua maria mojosongo solo gua maria pereng gua maria pohsarang gua maria ratu besokor gua maria ratu kenyo gua maria salatiga gua maria sendang purwaningsih gua maria talangsih gua maria tritis gua maria weleri gua maria yogyakarta gua sendang maria lawangsih gua sendang purwaningsih purworejo malang guesthouse gunung gondel gunung kidul gunungkidul harga harga dan biaya harga paket tour rohani hati hostel hostel dekat ambarukmo plaza hostel dekat stadion sleman hotel hotel baru murah yogyakarta jogjakarta hotel di jogjakarta yogyakarta hotel wisata IAIN ibadat iman indonesia jalan jalan menuju gua maria pereng jalan salib jalan salib di gua maria jalur jasa city tour jogjakarta jatiningsih jawa jawa tengah jawa timur jawa timur indonesia jlegong jogja jogja expo centre jogjakarta kabupaten kendal kaliori kamar kampus katholik kediri keindahan gua maria tritis kelayu kelompok kelompok wisata keluarga rohani kemah camping salib putih kematian kepercayaan kerajaan allah keuskupan Khalwat kisah klaten klepu kompleks kompleks perguruan pendidikan van lith kompleks salib putih salatiga komunal komunitas kopeng magelang kopi kristen kroncong kudus kulonprogo Latihan Rohani letak lokasi gua maria mawar lokasi gua maria solo lokasi gua maria talangsih semarang losmen makam Girisonta makam romo sanjoyo muntilan malam jumat pertama malang maria maria dan yesus martir pertama indonesia meditasi membangun gereja menghitung menyenangkan misa mojosongo motel muntilan nomor Novisiat Santo Stanislaus Girisonta nuansa jawa nyaman pack paket paket komunitas paket wisata rohani pantai paroki paroki santa maria patung bunda maria patung bunda maria terbesar di dunia patung yesus patung yesus raja paus pemandangan salib putih pemandu jalan salib pemandu wisata pembabtisan tur pemesanan penginapan penginapan dekat penitensi pereng slatiga perjalanan perjalanan wisata rohani semarang pertapaan pertobatan peta pondok retret posisi prambanan prasasti promasan puhsarang purbowardayan purwokerto purworejo Pusat Spiritualitas Girisonta Puspita rahib rate rate wisata ratu kenyo ratu perdamaian rawaseneng rekor patung maria terbesar rekreasi Retret rohani rombongan Romo rumah retret rute salatiga salib salib putih sandal jepit sapi sejarah kaliori sejarah sendangsono semarang sendang sendang klayu sendang lawangsih sendang purwaningsih sendang ratu kenyo sendang sriningsih sendangsono sengsara seni jawa sewa kamar siwir SJ SJ Sarikat Yesus Girisonta sleman sma van lith solo souvenir surakarta tebu teh telepon temanggung tempat ziarah tengah ternak tertua tiruan gua maria lourdes di indonesia trappist tujuan wisata rohani UIN umat umat katholik vanlith watulumbung wisata wisata rohani wisata goa maria klaten sendang sriningsih wisata gua maria kerep ambarawa jawa tengah wisata ke rawaseneng wisata kelompok wisata keluarga religi wisata religi wisata religi kelompok wisata religi semarang wisata rohani boyolali wisata rohani di solo wisata rohani gua maria lourdes puhsarang wisata rohani katholik wisata rohani kendal wisata rohani salib putih salatiga wisata yogyakarta wonogiri wonosari yesus yogya yogyakarta ziarah ziarah iman ziarah makam romo sanjoyo ziarah religi ziarah rohani ziarek

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN
via TOKOPEDIA kami